Selasa, 07 Desember 2010

LAYANAN YANG TERDAPAT PADA STUDENTSITE

Tugas Studentsite

 LAYANAN YANG TERDAPAT PADA STUDENTSITE
Studentsite adalah suatu layanan dari Universitas Gunadarma untuk para mahasiswanya mengumpulkan tugas, mengupload tulisan, atau mendapatkan informasi lainnya seputar kampus. Di studentsite ini masing – masing mahasiswa mendapatkan locker. Dalam locker ini semua kegiatan kampus dan informasi kampus akan diterima oleh mahasiswa dalam dunia maya. Kita ketahui bahwa UG adalah universitas yang mengedepankan IT dalam setiap kegiatannya. Maka dari itu setiap mahasiswa dituntut dan dengan sendirinya akan menjadi “melek” teknologi. Contoh saja dengan pemngumpulan tugas yang terkadang harus dikumpulkan melalui blog pribadai masing -masing. Maka mahasiswa harus tahu bagaimana caranya mengentri posting, mempublish posting dan menguploadnya ke studentsite masing masing. Kita lihat menu – menu yang disediakan studentsite, antara lain locker, email, calendar, addressbook, infolog, filemanager, forum, bookmarks, dan poll.
Saya akan coba menganalisa fitur – fitur dari menu locker, karena menu ini yang paling sering digunakan oleh mahasiswa.
Locker, dalam home locker berisi informasi informasi tentang kampus, kalender akademik, tugas, dll. Banyak fitur terdapat di menu ini beberapa diantaranya adalah ;
1. Lecture Messages : fitur ini berfungsi untuk menginformasikan tugas atau hal hal lain yang disampaikan oleh dosen dari mata kuliah yang bersangkutan. Mahasiswa disarankan agar selalu membuka fitur ini jika log in studentsite. Karena dosen dosen akan memberikan informasi nya di fitur ini.
2. Rangkuman Nilai : fitur ini menampilkan rangkuman nilai kita per satu semester. Di UG kita tidak mendapatkan data nilai secara terlampir (hard copy) tetapi semua data nilai diupload oleh UG ke fitur ini.
3. Jadwal Kuliah : fitur ini memberikan jadwal kuliah setiap mahasiswa pada satu semester.
4. Jadwal Ujian : fitur ini menampilkan jadwal ujian ujian setiap mahasiswa dalam satu semester.
5. Tulisan (UG Portofolio) : fitur ini adalah fitur yang menunjang mata kuiah softskill. Setiap tulisan adalah hasil upload dari blog pribadi masing – masing mahasiswa. Tema dari tulisan bebas asal tidak mengandung unsur SARA dan tidak plagiat.
6. Tugas (UG Portofolio) : di fitur ini mahasiswa mengupload tugas tugas kuliahnya yang nanti akan dicek oleh dosen yang bersangkutan.
dan masih banyak lagi fitur menarik lain seperti home, WWW news, BAAK news, bebas perpustakaan, surat keterangan, info absensi, info seminar, pendaftaran lomba log, deposit library, wartawarga dan blog komunitas.
Kelebihan layanan studentsite yaitu mahasiswa dapat melihat setiap kegiatan perkuliahannya dimanapun dan kapanpun, dan juga membuat mahasiswa lebih melek teknologi.
Kelemahannya adalah masih cukup banyak nya fitur yang belum aktif, dan adanya pesan pesan untuk senior yang tampil juga dalam locker mahasiswa baru
Link : http://studentsite.gunadarma.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar

 

HoneyHenny © 2008. Design By: SkinCorner